MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DENGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING

MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DENGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING

Mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa (fluency, flexibility, originality dan elaboration) diperlukan suatu pembelajaran yang dapat mengarahkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dengan menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan, diperlukan cara yang lebih melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Yaitu kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikirnya. Permasalahan tersebut perlu diupayakan, salah satu caranya adalah dengan melibatkan siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran.

Secara umum siswa telah mempunyai keterampilan dasar mengoperasikan komputer dan smartphone.  Dan temuan di lapangan  yang sering dikemukakan oleh guru adalah bahwa siswa lebih tertarik menggunakan smartphone dengan mengutak-atik berbagai layanan yang ada dan menggunakan fasilitas internet daripada membaca buku pelajaran mereka. Pengembangan pembelajaran dengan menggunakan e-learning dengan smartphone dan internet sebagai media utama, tentunya dapat dijadikan solusi.

E-learning ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses pembelajaran yang ada di sekolah atau perguruan tinggi ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.

Dalam pembelajaran e-learning memiliki beberapa keunggulan yaitu :

  • Melatih kemandirian siswa untuk menangani sumber belajarnya.
  • Kegiatan pembelajaran tidak dibatasi oleh tempat dan waktu, karena siswa dapat kembali mengakses sumber belajar dan aktivitas dari tempat lain.
  • Menarik karena merupakan metode pembelajaran yang baru.
  • Siswa memiliki fasilitas untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.
  • Menggunakan smartphone atau komputer sebagai sarana utama pembelajaran.
  • Siswa memiliki fasilitas internet yang dapat mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran dengan e-learning.

Keunggulan lainnya pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran e-learning adalah bahwa pembelajaran dengan metode pembelajaran ini memungkinkan guru mengelola sumber belajar siswa dengan lebih leluasa. Guru dapat menyertakan media pembelajaran berbasis simulasi komputer ke dalam aplikasi mobile.

  • Bagikan:

Galeri dan Dokumentasi